1 JUNI HUT KELAHIRAN PANCASILA

HAS

Jakarta, mediaintegritas.com - Wacana peringatan Hari Kelahiran Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni akan dijadikan hari besar nasional, hal itu disampaikan Presiden Jokowi kepada media, bahwa 1 Juni Hari lahir pancasila sebagai Hari Nasional yang musti dirayakan bersama seluruh bangsa Indonesia.

Hari Lahir Pancasila ditetapkan merujuk pidato Presiden RI pertama Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI atau Dokuritsu Junbi Cosakai) pada tanggal 1 Juni Tahun 1945. Dalam pidato itulah lahir konsep dan rumusan awal Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Juru Bicara Presiden Johan Budi SP mengatakan, keputusan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila itu akan diumumkan langsung oleh Jokowi pada hari ini 1 Juni 2016.

"Penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila diputuskan hari ini  melalui Keppres. Soal apakah 1 Juni itu libur nasional atau tidak saya masih belum tahu. Saya belum dapat informasi," kata Johan Budi via telp kepada redaksi.

Sementara itu Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyampaikan sambutan selamat datang bagi tamu undangan Hari Pancasila di Jalan Bung Karno yang terletak di samping Gedung Merdeka. Secara langsung kepada Ketua MPR Zulkifli Hasan  meminta izin agar di Kota Bandung hari Pancasila dilakukan secara rutin setiap tahun.

"Saya mohon izin agar Hari Pancasila di Kota Bandung dijadikan agenda tahunan setiap tahun," ujar sang walikota ini di Gedung Merdeka, Jl Asia Afrika, Bandung, Rabu (1/6/2016).

Dengan merutinkan peringatan Hari Pancasila, diharapkan masyarakat khususnya generasi muda bisa mengingat pentingnya nilai-nilai Pancasila sekaligus mengingatkan bangsa Indonesia akan pentingnya dasar dan falsafah  Pancasila.

Presiden Jokowi hadir di peringatan hari lahir Pancasila di Gedung Merdeka Bandung sebagai rangakai puncak acara memperingati Hari lahir pancasila.

Presiden Jokowi dan Ibu negara tiba sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu (1/6/2016) diikuti Megawati kemudian Boediono, juga Menko PMK Puan Maharani.

Tampak para petinggi negara sudah hadir antara lain Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, serta para menteri antara lain Menkum HAM Yasonna Laoly, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menhan Ryamizard Ryacudu, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Men PAN RB Yuddy Chrisnandi, serta hadir juga Ketua DPR Ade Komarudin.

Acara kemudian dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu Wali Kota Bandung Ridwan Kamil selaku tuan rumah membacakan teks Pancasila.

Selamat Hari Pancasila, Hidup Pancasila !

 (Debby)

Bagikan :

Berita INTEGRITAS