Akibat Tanggul Jebol, Ribuan Rumah Terendam di Bekasi.

HAS

Jakarta, mediaintegritas.com - Banjir mengenangi perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih Bekasi Kota, diakibatkan tanggul sepanjang 20 menter tidak mampu menahan terjangan arus di titik pertemuan antara Kali Cikeas dengan Kali Cileungsi mengakibatkan ribuan rumah terendam sehingga menyisakan atap rumah saja.

Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air (Disbimarta) Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan  akan merekomendasikan peristiwa banjir kali ini sebagai kejadian luar biasa (KLB). Pasalnya, banjir akibat meluapnya Kali Bekasi dinilai paling parah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Banjir kali ini paling parah dibandingkan banjir setiap tahunnya, air kiriman itu mencapai 500 cm dari permukaan laut atau 5 meter itupun pemkot bekasi sudah membuka bendungan kali bekasi di jalan hasibuan" kata Kepala Disbimarta Kota Bekasi Tri Adhianto saat dihubungi  redaksi kemaren, kami, 21/04/2016.

Adapun, air yang dibuang ke laut mencapai 800 meter kubik perdetik. "Tujuh jam dibuka, air di hulu belum juga habis," ungkapnya. Tri mengatakan, status KLB dibutuhkan agar penanganan banjir dapat segera dilakukan.

Perbaikan tanggul di Perumahan Pondok Gede Permai membutuhkan dana miliaran rupiah. Apabila menggunakan dana daerah dinilai terlalu lama. Sehingga harus menggunakan dana tak terduga dan anggarannya mencapai Rp30 miliar.

Tri mengaku, perbaikan tanggul di Perumahan Pondok Gede Permai harus menggunakan bahan site pile sejenis tiang pancang. Pasalnya, apabila hanya menggunakan beton biasa atau bronjong kawat, dipastikan tak ada bertahan lama, mengingat di titik itu merupakan pertemuan dua sungai.

Sementara itu menurut keterangan Humas BNPB Sutopo purwo Nugroho mengatakan banjir kali ini diakibatkan hujan yang deras disertai tanggul sunggal yang jebol, mengakibatkan membajiri pemukiman dikota bekasi,

Adapun wilayah yang terendam banjir meliputi,  Kompleks IKIP - Perum Nasio Indah di Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih. · Perum Mustika Gandaria Setu – Perumahan Lotus Chandra di Kelurahan Jatimurni, Kecematan Pondok Melati dan  Perum Pondok Gede Permai di Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih.

Pantau redaksi pagi hari ini, jumat (22/04/2016) sudah menyusut hingga 1 meter saja, padahal ketinggian air kemarin telah mencapai 4 meter di perumahan Pondok Gede, Jatiasih  kota bekasi. (Debby)

 

Bagikan :

Berita INTEGRITAS