Bos First Travel Dipamerkan Bareskrim Polri

Deborah

Jakarta, mediaintegritas.com - Bos First Travel Andika Surachman dan Istrinya Anniesa Desvitasari, dipamerkan polisi ke publik. Tim penyidik Bareskrim awalnya menjelaskan panjang-lebar seputar kasus dugaan perjalanan umrah First Travel dalam jumpa pers di Bareskrim, gedung KKP, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (22/8/2017).

Polisi telah menahan tiga tersangka, yakni Andika Surachman (Dirut First Travel), Anniesa Hasibuan (Direktur First Travel), dan Siti Nuraidah alias Kiki Hasibuan.

Kehadiran para tersangka langsung dihujani pertanyaan oleh wartawan. "Pakai uang jemaah, gimana rasanya, Bu? Buat beli barang-barang mewah ya Bu?" cecar wartawan.

Namun Anniesa tidak menjawab. Dia hanya diam membisu dan menangis kemudian bergegas masuk ke ruangan Auditorium Bareskrim Polri. Andika, Anniesa, dan Kiki Hasibuan berdiri berjejer serta menghadap belakang. Ketiga tersangka ini langsung diabadikan oleh pewarta foto. 

Anniesa dan suaminya, Andika, merintis usaha travel umrah, First Travel, pada 2008. Dikutip dari Forbes Indonesia, pada 2015 keuntungan traveltersebut tercatat mencapai USD 40 juta per tahun. Kini Anniesa dan Andika ditangkap polisi akibat dugaan penipuan terhadap jemaah umrah. Keduanya ditangkap di kompleks perkantoran Kementerian Agama RI setelah menggelar konferensi pers. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat khususnya jemaah umrah First Travel agar tetap tenang dalam melakukan pelaporan ke crisis center.

Ketua dewan komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan saat ini OJK sedang berkoordinasi dengan Polri dan pihak terkait untuk kasus ini.

"Kami sedang tangani dengan kepolisian dan sedang diproses," kata Wimboh di Gedung MA, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Dia mengatakan, kasus First Travel ini menjadi pelajaran berharga bagi lembaga yang memberikan otoritas perizinan.

"Jadi yang berikan izin harus belajar kalau mengizinkan produk seperti itu. Nah, karena ini adalah jasa travel umrah jadi tidak di OJK," kata Wimboh. (Ocha)

Bagikan :

Berita Lainnya