Brankas Uang di Vila Gubernur Jambi Zumi Zola

Deborah

Jakarta, mediaintegritas.com - Tim KPK yang menggeledah vila milik keluarga Zumi Zola, di Bukit Ibul, Kelurahan Rano, Kecamatan Muarasabak Barat, Tanjung Jabung Timur, Jambi,  menemukan brankas uang. Brankas yang ditemukan dalam penggeledahan, Rabu lalu, itu dibuka paksa. Diduga banyak uang yang ditemukan tim KPK dalam peti besi tersebut.

Sebelumnya KPK  menggeledah rumah dinas Gubernur Zumi Zola dan mobil dinasnya. Penggeledahan berlangsung mulai Rabu, 31 Januari 2018 sore hingga tengah malam. Penggeledahan dimulai di rumah dinas Gubernur Jambi yang terletak di kawasan Tanggo Rajo yang berada di tepian Sungai Batanghari.

Kemudian, penggeledahan dilanjutkan di vila milik keluarga besar Zumi Zola di Kelurahan Rano, Kecamatan Muarasabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), yang berjarak 1 hingga 2 jam perjalanan darat dari Kota Jambi. Di tempat inilah ditemukan brankas besar berisi uang.

Pada proses penggeledahan di vila, Tim KPK yang sudah sampai di vila menggunakan tiga unit mobil Kijang Innova sekitar pukul 15.30 WIB tidak bisa langsung melakukan penggeledahan. Pasalnya, vila itu dalam keadaan terkunci. Penjaga vila sedang tidak berada di tempat, sehingga Tim KPK harus menunggu beberapa saat.

Setelah pintu dibuka, tim langsung masuk dan melakukan pemeriksaan di semua tempat. Bahkan, gudang yang ada di depan vila juga tak luput dari sasaran KPK.

Berdasarkan informasi yang didapat di lapangan, tim mendapatkan brankas besar yang ada di lantai 1, persis di depan salah satu kamar. KPK kesulitan membuka brankas itu, bahkan kunci kombinasi yang didapat KPK dari keluarga Zola tapi tetap tidak terbuka.

Karena tidak bisa dibuka, KPK akhirnya memutuskan memanggil tim yang ada di Jambi untuk membuka brankas itu.

Berdasarkan keterangan salah satu pekerja yang ada di villa, Zumi Zola terakhir berkunjung ke vila pada 15 November 2017 lalu. Ketika itu, Zumi Zola mengunjungi korban kebakaran Desa Simbur Naik dan menginap di vila.

Bagikan :

Berita INTEGRITAS