Di Acara LPS, Menkeu Bilang Tak Perlu Gentar Hadapi Krisis Ekonomi

Roy Jon
Tak Perlu Cemas Hadapi Krisis Ekonomi

Jakarta, mediaintegritas.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan, untuk menghadapi situasi krisis ekonomi global saat ini, Indonesia tidak perlu khawatir. Indonesia sudah pernah mengalami krisis yang sama di tahun-tahun sebelumnya, sehingga dianggap tidak akan kesulitan melewati krisis yang sama.

Hal itu disampaikan Menkeu dalam sambutannya saat membuka acara Hari Ulang Tahun (HUT) Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) ke-10, Bambang menyampaikan, Indonesia telah banyak makan asam garam terkait krisis. Apalagi, saat krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998.

"Indonesia seperti yang kita ketahui sudah berpengalaman dalam menghadapi krisis dari waktu ke waktu. Situasi krisis saat ini harusnya telah dipelajari sebelumnya," kata Bambang, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Pusat, Selasa (22/9/2015).

Bambang melanjutkan, di tahun 1949 Indonesia juga mengalami krisis yang itu termasuk dalam masa-masa suram, dengan menunjukkan titik terendah Indonesia usai kemerdekaan yang menandakan, produksi rendah dan inflasi yang tinggi.

"Melihat itu, saat ini banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk menjaga ekonomi nasional seperti membuat program penguatan stabilitas ekonomi dan kebijakan makroprudential", ujar Bambang.

Lanjut Bambang, pada tahun 1970, Indonesia berhasil menemukan cadangan minyak disaat harga minyak tinggi. Hal ini menjadi salah satu pendongkrak perekonomian Indonesia.

"Nanti kita akan membahas kebijakan ekonomi untuk mendengarkan dan sharing expert analist dan mendengarkan pendapat dari pembicara yang hadir saat ini," papar Bambang.‎***Richard

Bagikan :

Berita INTEGRITAS