Geliat Pemerintah di Teluk Wondama Papua

Deborah

Jakarta, mediaintegritas.com -Pemerataan pembangunan terus digencarkan oleh Pemerintah Jokowi. Salah satu kebijakannya yaitu membangun rumah khusus untuk warga di Teluk Wondama Papua Barat.

Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR selama tiga tahun terakhir telah mengalokasikan sebanyak 200 unit rumah khusus (Rusus) untuk masyarakat di Kabupaten Teluk Wondama di Provinsi Papua Barat.

Pembangunan rumah khusus tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat di wilayah timur Indonesia untuk memiliki rumah yang layak huni. “Tiga tahun ini kami telah mengalokasikan 200 rumah khusus untuk masyarakat di Kabupaten Teluk Wondama di Papua Barat,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin di Jakarta, Rabu (1/3).

Menurut Syarif, pembangunan rumah khusus bagi masyarakat di wilayah timur Indonesia menjadi salah satu prioritas sebagai bentuk pemerataan pembangunan perumahan.

Dengan demikian, pemerintah terus berusaha agar program pembangunan perumahan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia tanpa kecuali.

Berdasarkan data yang ada, pada 2015 Kementerian PUPR mengalokasikan 50 unit yang tersebar di Kampung Tandia Kanda, Kampung Senderawoi, Kampung Miei dan Kampung Moru Sanduai.

Tahun 2016 sebanyak 100 unit Rusus di Distrik Wasior dan sebanyak 50 unit di Desa Isey Distrik Rasiei pada 2017.

“Selain bantuan Rusus, tahun ini kami juga akan mengupayakan untuk mengalokasikan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah sebanyak 300 unit di Kabupaten Teluk Wondama. Semoga bantuan perumahan ini bisa mendorong pembangunan daerah dan membantu masyarakat agar bisa tinggal di rumah yang layak huni,” harapnya. (Opi)

Bagikan :

Berita Lainnya