Partai Tommy Soeharto Lolos Verifikasi

Deborah

Jakarta, mediaintegritas.com -  Enam belas dewan pimpinan pusat (DPP) partai politik (parpol) dipastikan lolos tahapan verifikasi. Dari 16 partai, ada 4 partai baru. Salah satunya adalah partai besutan Tommy Soeharto.

Ketua Komisi Pemilihan Umum RI ( KPU) Arief Budiman menuturkan, berita acara sudah diserahkan ke 12 DPP parpol.

"Sudah memenuhi syarat keenam belas partai. Yang 12 parpol kemarin, sudah dibagikan (berita acaranya). Yang pertama, kan empat partai sudah lolos tingkat pusat," kata Arief di Jakarta.

Keempat parpol baru itu meliputi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Berkarya, serta Partai Garuda.

Sedangkan 12 parpol lama yakni Partai Nasdem, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Demokrat.

Arief menuturkan, saat ini KPU tengah menunggu perbaikan hasil verifikasi faktual tingkat provinsi (DPD/DPW).

Sekjen Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang mengatakan partainya telah lolos verifikasi tingkat kabupaten/kota yang dilakukan KPU sejak Desember 2017 lalu.

Verifikasi tingkat kabupaten/kota sendiri merupakan tahapan akhir seleksi partai politik peserta Pemilu 2019. Sementara Partai Berkarya sebelumnya telah dinyatakan memenuhi syarat verifikasi di tingkat pusat dan provinsi.

"Alhamdulilah dari laporan DPD Kabupaten/kota se-Indonesia, kami sudah melampaui syarat 75 persen," tutur Andi.  "Itu artinya sudah memenuhi syarat yang disyaratkan undang-undang dan PKPU," katanya.

Andi mengaku telah mengetahui Partainya telah ditetapkan memenuhi syarat oleh KPU. Dia mengetahui itu dari berita acara hasil verifikasi yang dikeluarkan KPUD setiap kabupaten/kota. Berita acara itu diberikan kepada setiap partai politik.

Andi lalu mengakumulasi berita acara hasil verifikasi di seluruh kabupaten/kota. Hasilnya, telah melampaui 75 persen seperti yang ditetapkan KPU.

"Jadi hari ini alhmamdulillah laporan yang masuk sudah melampaui syarat minimal itu. Tinggal tunggu putusan resmi dari KPU, 17 Februari 2018," katanya.

KPU tengah melaksanakan verifikasi tingkat kabupaten/kota terhadap belasan partai politik calon peserta Pemilu 2019. Verifikasi tingkat kabupaten/kota merupakan tahapan akhir seleksi.

Setiap partai politik mesti dinyatakan memenuhi syarat 75 persen di tahapan verifikasi kabupaten/kota. Jika tidak, maka partai yang bersangkutan tidak dapat mengikuti Pemilu 2019.

KPU akan mengumumkan partai politik yang lolos seleksi dan berhak menjadi peserta Pemilu 2019 pada 17 Februari mendatang.

Seperti diketahui Tommy Soeharto membuat manuver anyar dengan mendaftarkan partai baru, Partai Berkarya, ke Komisi Pemilihan Umum. Sebelumnya, ia membentuk Partai Nasional Republik pada 2012, namun gagal mengikuti Pemilu 2014.

Mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Laksamana (Purnawirawan) Tedjo Edhy Purdjiatno adalah salah satu jenderal yang digaet Tommy di partai barunya tersebut. Ada pula mantan Danjen Kopassus Mayjen Muchdi Purwoprandjono dan mantan Danpuspom TNI Mayjen Syamsu Djalal di barisan jenderal pendukung Tommy.

Sebetulnya purnawirawan yang akan bergabung cukup banyak. Ada yang dari (TNI Angkatan) Darat, Laut, dan Udara. Dalam sebuah wawancara dengan awak media, Tedo Edhy mengatakan Tommy pernah berkata bahwa bentukan partai berkarya ingin melanjutkan visi Pak Harto terutama di ekonomi kerakyatan.

Bagikan :

Berita INTEGRITAS