Presiden Joko Widodo, Melantik Ketua dan Anggota Kompolnas Periode 2016-2020 Di Istana

HAS

Jakarta, mediaintegritas.com - Sempat tertunda pelantikan Kompolnas yang sedianya akan dilantik pada hari rabu 11/05/2016 namun sehubungan berhalangannya Jend (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan dikarenakan sedang dalam kunjungan kerja ke eropa, akhirnya Presiden Joko Widodo melantik ketua dan anggota Komisi Kepolisian Nasional periode 2016-2020 di Istana Merdeka, Jumat sore hari ini, Jumat (13/5/2016).

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 32 M 2016, ada sembilan orang yang dilantik dengan demikian struktur para pengawas kepolisian (Kompolnas)  secara resmi terbentuk dengan komposisi sebagai berikut :

  1. Jend. (Purn) Luhut Binsar Padjaitan – Menko Polhukam Sebagai Ketua
  2. Tjahjo Kumolo – Mendagri – Sebagai Wakil Ketua
  3. DR. Yasonna Laoly Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia  - Anggota
  4.  Irjen Pol (Purn) Bekto Suprapto - Anggota
  5.  Irjen Pol (Purn) Yotje Mende - Anggota
  6.  Andrea Pulungan  - Anggota
  7.  Poengky Indarti - Anggota
  8.  Benediktus Bambang Nurhadi - Anggota
  9.  Dede Parhan Aulawi.- Anggota

Acara pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah jabatan yang didampingi rohaniwan. Setelah itu, satu per satu menandatangani berita acara pelantikan.

Hadir dalam acara itu para komisioner Kompolnas lama, Adrianus Meliala, Mohammad Nasser, Hamidah Abdurrahman, dan Edy Hasibuan.

Acara pelantikan digelar tanpa kehadiran Tjahjo Kumolo, Protokol Istana Kepresidenan sempat memundurkan waktu pelantikan selama sekitar 20 menit. Sedianya, pelantikan dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB.

Namun, hingga pukul 16.20 WIB, Tjahjo Kumolo belum kunjung datang, akhirnya Presiden Joko Widodo melaksanakan pengambilan sumpah tanpa kehadiran Thahjo Kumolo yang ditunjuk sebagai wakil ketua kompolnas. (Andi)

Bagikan :

Berita INTEGRITAS