Ratusan Advokat KAI Mengikuti Bimbingan Teknis Oleh Mahkamah Kontitusi

Deborah

Jakarta, mediaintegritas.com - Bertempat di Pusat Pendidikan Pancasila dan Kontitusi, Cisarua Bogor, Jawa Barat Ratusan Advokat yang tergabung di Kongres Advokat Indonesia (KAI) mengikuti Bimbingan Teknis penyelesaian perkara perselisihan hasil pemilihan gubenur, bupati dan walikota yang disenggarakan oleh Mahkamah Kontitusi bekerjasama dengan DPP KAI.

Sekjen MK, M Guntur Hamzah dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahun 2018 adalah tahun Pilkada, Mahkamah Kontitusi diberi beri kewenangan untuk menyelesaikan perselisihan sengketa pemilihan sengketa kepala daerah gubernur, bupati, dan walikota.

Ada 171 Pilkada di seluruh Indonesia baik gubernur, bupati, maupun walikota, kami memperkirakan akan ada 100 hingga 120 perkara yang akan masuk di MK. Dengan pengalaman selama in, MK dapat menyelesaikan perselisihan pilkada dengan baik,  Tidak ada perkara yang diselesaikan melewati waktu 45 hari kerja. MK mentrigger pertemuan (bintek) dengan para advokat. MK adalah the guardian of democracy” Paparnya

Sementara itu PLT Presiden KAI Mia Lubis mengatakan, bahwa pilkada serentak 2018 merupakan peristiwa bersejarah yang sangat penting untuk memperoleh pimpinan daerah, namun disaat yang sama pilkada tersebut berpotensi menimbulkan persoalan gugatan atau sengketa pilkada, dimana peran advokat menjadi sangat penting.

Dengan puluhan ribu anggota KAI yang tersebar di seluruh Indonesia, tentunya Bintek ini menjadi suatu momentum bagi para advokat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam menangani sengketa pilkada dikemudian hari.

DPP KAI mengharap agar kerjasama ini terus ditingkatkan dikemudian  hari dengan MK, dikarena saat ini animo para advokat yang ingin mengikuti Bintek ini sangat tinggi karena keterbatasan quota tentunya kita membatasinya, namun demikian hampir dipastikan bimtek gelombang pertama ini diikuti hampir perwakilan seluruh DPD seluruh Indonesia. Ujar Mia Lubis.

Hal senada disampaikan Ketua DPD KAI Jabar Lukman Chakim, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan  DPP KAI  dan DPD-DPD Se Indonesia, sehingga acara Bintek 2018 ini dapat terlaksana dengan baik,  sehingga momentum pilkada ini dapat digunakan rekan-rekan dalam proses hukum di MK dikemudian hari.

“DPD KAI  Jawa Barat berharap acaranya berjalan dengan baik dan lancar oleh karena itu kita selalu koordinasi dengan MK dan DPP KAI, agar di tahun 2019 Bintek ini dapat dilaksanakan kembali” . Ujar Lukman. (HAS)

), isikan dengan naskah yang akan diisikan"

Bagikan :

Berita INTEGRITAS