Ratusan Kios Pasar Senen Ludes Terbakar, Kerugian Mencapai Puluhan Milyar

Deborah

Jakarta, mediaintegritas.com - Kebakaran Pasar Senen kembali sejak pukul 04.30 WIB, lebih dari 57 armada pedamam kebakaran untuk menjinakkan api yang menghanguskan ratusan kios pedagang di Blok I dan II Pasar Senen, Jakarta Pusat

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat telah mengerahkan  57 unit mobil pemadam kebakaran. Kebakaran diduga bermula dari kios aksesori di lantai dasar, Blok III Pasar Senen, Jakarta Pusat, kemudian api mulai meluas dan tim pemadam kesulitan untuk mencegah meluasnya api dikarenakan banyak gerbang masih terkunci dan akses jalan sempit.

Hingga berita ini diturunkan telah lebih dari 15 jam pemadaman masih terus diupayakan dikarenakan masih banyaknya titik api yang tersebar hampir merata, sulitnya pemadaman dikarenakan selain akses masuk yang sulit dikarenakan terbatasnya air yang dibawa oleh pemadam dan stok air dilokasi sangat terbatas.

Plt Gubernur DKI, Sumarsono akan memberikan lokasi penampungan sementara bagi pedagan senen, hal itu disampaikan Sumarsono kata pria yang akrab disapa Soni ini di Gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2017).

Berdasarkan data yang dihimpun redaksi, sejak tahun 2014, kebakaran kerab terjadi paling tidak sekali setiap tahunnya hingga 2017. Pasar Senen dalam sejarahnya dibangun pada 30 Agustus 1735 oleh seorang arsitek yang juga tuan tanah bernama Yustinus Vinck menggunakan lahan Corrnelis Chastelein.

Saat ini kerugian yang diderita pedagan belum dapat hitung namun bila ditaksir telah mencapai puluhan milyar dikarenakan kobaran api telah melahap ratusan kios pedangan, dan saat ini pihak kepolisian akan melakukan peyelidian untuk menentukan sebab terjadinya kebakaran. (Debby)

Bagikan :

Berita Lainnya