Sang Pelopor dan Pejuang telah Berpulang

HAS

Jakarta, mediaintegritas.com - Kamis 27 Agustus 2015 telah berpulang dengan Damai menghadap Penciptanya seorang tokoh nasional yang begitu dicintai  sosok Prof. Dr Dahnial Khumarga  SH MH yang lahir di Indramayu  80 Tahun yang lalu (1935 – 2015) beliau meningalkan seorang Istri dan 3 orang anak dan cucu.

Sejak mahasiswa di Fakultas Hukum UI  Khumarga Muda sangat aktif di Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Jakarta, bahkan sempat masuk sebagai Pengurus Pusat GMKI saat itu ketua umumnya dijabat oleh Sabam Siagian.

Setelah menyelesaikan pendidikan hukumnya Khumarga  masuk pada dunia militer dengan  berbagai jabatan penting dan penugasan penting telah dilaluinya dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal Purnawirawan,  semasa aktif di ketentaraan Khumarga begitu dekat dengan para tokoh besar mulai dari Jenderal Soeharto (Presiden RI), Jenderal Ahmad Yani, Sumitro, Jenderal LB Moerdani dan banyak tokoh.

Untuk mengetahui sepak terjang Prof Khumarga sebelum wafat beliau telah menyelesaikan buku biografinya yang berjudul ‘UNTUK NEGARA MASYARAKAT DAN KELUARGA” semuanya digambarkan sosok Prof Khumarga dengan dilengkapi dengan poto dan dokumentasi yang begitu baik sehingga akan sangat mudah untuk memahami beliau dengan segala sepak terjangnya.

Dunia pendidikan menjadi  tempat pengabdian beliau yang begitu fenomenal, beliaulah orang di balik kemajuan Universitas Taruma Negara (UNTAR)  dengan pengabdian selama  27 Tahun dengan jabatan tertinggi sebagai Rektor selama 12 Tahun. Beliau juga sebagai sosok perintis Universitas Pelita Harapan dan Universitas Bung Karno dengan jabatan sebagai Rektor.

Dikarenakan karena faktor usia dan kondisi kesehatan, Prof Khumarga lebih banyak menghabiskan waktu bersama  cucu dan membaca buku, tapi sebagai guru besar selalu ada pemikiran yang begitu mencerahkan untuk diberikan kepada siapapun yang mau mendengarkan nasehat dan pandangan beliau di seminar-seminar dan forum.

Sudah tidak terhitung banyaknya muridnya yang telah berhasil dari didikannya salah satunya DR. Jimmy Budi Hariyanto SH,MH,MBA,DBA pendiri PERADI yang saat ini sebagai CEO CIGEDE GROUP menuturkan sangat berduka atas kepergian beliau, banyak yang bisa kita ambil dari prof khumarga salah satunya adalah etos kerja dan kejujuran dan beliau selalu mau membantu, Sewaktu pembentukan Majalah INTEGRITAS meminta  duduk sebagai Penasehat beliau sangat respon bahkan bersedia memberikan sumber pemikiran dan pandangan agar Majalah INTEGRITAS dapat berkembang, Ujarnya

Sebelum dibawa ke pemakaman San Diego Hills pada Sabtu 29 Agustus 2015, Jenazah akan disemayamkan dulu Kampus di Universitas Taruma Negara untuk diberikan penghormatan, Ujar Meilany putri bungsu beliau.

Seluruh Penasehat dan Redaksi Menyampaikan Turut berduka Cita sedalam-dalamnya kepada Penasehat INTEGRITAS semoga Keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Amin

Selamat Jalan Prof....

Bagikan :

Berita Lainnya