Semakin Banyak Kecelakaan Di Pelabuhan, Serikat Pekerja Desak Direksi Pelindo II Diganti

Roy Jon
Kecelakaan Kerja Di pelabuhan Tanjung Priuk

Jakarta, mediaintegritas.com - Ketua Serikat Pekerja Jakarta International Container Terminal (SP JICT) Nova Hakim Sofyan mengecam pengelolaan pelabuhan oleh Pelindo II yang tidak aman.

Dia menyampaikan kecaman atas adanya kecelakaan Quay Crane nomor 17 saat melayani Kapal NYK Fukushima.

“Di mana kabel yang putus menghantam dan memecahkan kaca depan Kabin alat, serta membahayakan keselamatan pekerja JICT,” ujar Nova Hakim Sofyan, Senin malam (28/09).

Menurut Nova Hakim, Direksi JICT terutama Direktur Operasional Kim Chang Su juga dinilai telah abai atas keselamatan kerja karyawan lewat serangkaian kebijakan efisiensi sehingga mengakibatkan beberapa kecelakaan kerja yang mulai sering terjadi di JICT.

“Kami heran dengan serangkaian kecelakaan telah terjadi di JICT. Selain kejadian di atas, saat bulan Februari lalu telah terjadi kecelakaan alat QC nomor 11 saat melayani kapal APL Denver yang telah mengakibatkan kabel alat putus dan merusak mobil maintenance. Selain itu awal September lalu alat RTGC tiba-tiba mengalami kerusakan saat melayani kegiatan ekspor,” jelas dia.

Padahal, lanjut dia, Serikat Pekerja JICT juga sudah mengirimkan surat kepada manajemen agar melakukan review terhadap kebijakan maintenance dan investasi alat. “Namun melihat mulai banyaknya kecelakaan, sepertinya surat SP diabaikan,” ujar Hakim.

Dia juga menyayangkan sikap BOD JICT yang melakukan serangkaian mutasi dan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sehingga mengabaikan kondisi alat bongkar muat. Juga, kata dia, saat ini pekerja mengalami demotivasi sehingga berdampak kepada kinerja pelayanan bongkar muat.

“Serikat Pekerja menilai, dewan Direksi tidak punya itikad baik menyelesaikan masalah mutasi dan malah memperparah dengan kebijakan memindahkan karyawan mutasi ke Ruko. Tentu hal ini sangat kontra produktif,” ujarnya.

Karena itu, SP JICT mendesak pemerintahan Jokowi-JK agar segera melakukan evaluasi dan pergantian jajaran Direksi di PT Pelindo II (Persero) dan JICT.

“Serikat Pekerja menginginkan Dewan Direksi JICT dievaluasi baik oleh Pelindo II maupun Hutchison agar terjadi perbaikan kondisi alat maupun kinerja terminal,” pungkas dia.***Richard

Bagikan :

Berita INTEGRITAS