SURAT

Usman Gumanti
HAS

Ini soal surat. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga (Balai Pustaka, 2005) memberi banyak (puluhan) contoh kata majemuk yang berpasangan dengan kata surat. Kata surat yang bermakna sama adalah surat buta, surat gelap, surat kaleng, surat mentega, dan surat terbang.

Yang kini sedang ramai dibicarakan adalah surat suara atau surat pemilih. Kepolisian sudah menetapkan tersangka penyebar hoaks alias kabar bohong terkait adanya tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos dari Tiongkok.

Sungguh sulit diterima akal jika disebut penyebaran kabar bohong soal surat suara yang tercoblos itu dilakukan secara tidak sengaja atau dikerjakan dalam kategori iseng belaka. Apalagi jika pelakunya adalah orang-orang terdidik, cerdas, politisi pula.

Kita patut bersyukur bahwa adanya berita-berita semacam itu tidak sampai menimbulkan kekacauan (amuk massal).  Bangsa ini selamat.

Penyelenggaraan Pemilu 2019 merupakan pesta demokrasi bangsa Indonesia. Pada 17 April mendatang, rakyat tidak hanya memilih calon anggota DPR, DPRD, dan DPD, tetapi juga sekaligus memilih calon presiden dan calon wakil presiden periode 2019-2024. Pemerintah sudah berusaha keras menyiapkan pemilu serentak pertama itu dengan sebaik-baiknya, dalam hal ini termasuk keamanan. Gerak cepat kepolisian menangani masalah penyebaran berita bohong tujuh kontainer surat suara sudah tercoblos jelas menggembirakan dan pantas diapresiasi. Kita harus mendorong kepolisian untuk menindak tegas siapa pun yang terlibat. Kasus model begini harus diselesaikan ”dengan cara seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya”. Kelakuan mereka jelas-jelas telah mengancam keselamatan bangsa dan negara kita. 

Bagikan :